Menu Tutup

5 Kelurahan di Kota Madiun Raih BERSERI JATIM, 3 Diantaranya Masuk 10 Besar

Surabaya – Desa/Kelurahan BERSERI merupakan program dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur guna mewujudkan Bawa Bhakti Satya, salah satunya yakni JATIM HARMONI. Program ini merupakan model pemberdayaan masyarakat dan aparat desa/kelurahan agar mampu mengembangkan potensi desa/kelurahan sehingga semua lapisan masyarakat berperilaku dan berbudaya ramah lingkungan. Program ini juga untuk menyuarakan pengelolaan lingkungan serta pengurangan sampah khususnya di Jawa Timur.

Ada 3 kategori pada desa/kelurahan BERSERI (Bersih dan Lestari) yakni Kategori Pratama (diikuti 2 RW), Kategori Madya (diikuti 3 RW) dan Kategori Mandiri (diikuti 4 RW). Pada tahun 2022, yang lolos verifikasi administrasi ada 151 desa/kelurahan se-Jawa Timur. Dari 151 desa/kelurahan tersebut mendapat kunjungan tim penilai melalui verifikasi lapangan, dan yang lolos untuk mendapatkan penghargaan ada 122 desa/kelurahan dengan rincian 62 desa/kelurahan kategori Pratama, 34 desa/kelurahan kategori Madya, dan 26 desa/kelurahan kategori Mandiri.

Sebanyak 5 (lima) kelurahan di Kota Madiun mendapatkan penghargaan BERSERI JATIM pada puncak acara Hari Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur yang diselenggarakan 12 September 2022 di Jatim Expo International Surabaya. Lima kelurahan dari Kota Madiun yang mendapat penghargaan antara lain sebagai berikut:

1. Kelurahan Banjarejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun (Kategori Mandiri)

2. Kelurahan Manisrejo, Kecamatan Taman, Kota Madiun (Kategori Mandiri)

3. Kelurahan Rejomulyo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun (Kategori Madya)

4. Kelurahan Taman, Kecamatan Taman, Kota Madiun (Kategori Madya)

5. Kelurahan Pandean, Kecamatan Taman, Kota Madiun (Kategori Pratama)

Selain mendapat penghargaan, Kelurahan Banjarejo dan Kelurahan Manisrejo masuk 10 besar kategori Mandiri. Sedangkan Kelurahan Rejomulyo masuk 10 besar kategori Madya. Semoga adanya penghargaan ini mampu memacu desa/kelurahan lain untuk mengikuti BERSERI tahun selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.