RAPAT KOORDINASI PENGADUAN PEMBUANGAN AIR LIMBAH  KECAP TAWON DI KELURAHAN NAMBANGAN LOR

Madiun- Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun menyelenggarakan rapat koordinasi terkait pengaduan yang disampaikan kepada DLH Kota Madiun oleh warga Nambangan Lor melalui Lurah Nambangan Lor. Rapat ini dipimpin oleh kepala Bidang Penaatan,Pengawasan & Peningkatan Kapasitas LH DLH Kota Madiun. Rapat dihadiri oleh pihak warga sekitar dan pihak kelurahanterkait .

Menurut Laporan uraian kejadian, Terdapat warga yang mendapati bahwa saluran pembuangan air limbah (outfall) yang melalui pipa dan mengalir menuju air badan air penerima yaitu Kali Gempol (Saluran Nambangan Lor) masih berwarna kecoklatan hingga kehitaman seperti warna kecap.Kondisi ini mengganggu estetika lingkungan sekitar dan dikhawatirkan warga akan mencemari badan air penerima yaitu  Kali Gempol (Saluran Nambangan Lor).

Atas pelaporan pengaduan kejadian tersebut DLH Kota Madiun  segera Melakukan  verfikasi lapangan koordinasi/penggalian informasi dengan pihak perusahaan, perwakilan warga (RT), dan pihak Kelurahan Nambangan Lor terkait pengaduan , Melakukan pemeriksaan secara administrasi yang dimiliki perusahaan beserta hasil uji kualitas air limbah, Melakukan pemeriksaan secara teknis(lapangan), Melakukan pengambilan sample kualitas air limbah di outlet IPAL Kecap Tawon bekerjasama dengan Laboratorium MITRALAB Surabaya(pada tgl 5 Oktober 2023)   dilakukan rapat kordinasi dari warga Nambangan Lor, Pihak keurahan Nambangan Lor, Pihak kecap tawon dan OPD-OPD terkait.

Selanjutnya hasil dari Rapat Koordinasi pada hari ini (12/10/2023) telah didapati saran dan tindak lanjut sebagai berikut :

  1. Dilakukan pembersihan di bak kontrol (9-10 bak kontrol) secara berkala
  2. Bak kontrol diberi filter/saringan agar benda padat/sampah tidak ikut ke IPAL
  3. Mengoptimalkan kinerja IPAL
  4. Tidak diperkenankan  melakukan bypass (mengalirkan air limbah dari inlet langsung ke bak sarang tawon tanpa melalui tanki filter)
  5. Disarankan untuk melakukan penambahan treatment/bahan kimia untuk koagulasi dan flokulasi serta treatment  untuk menetralkan warna