PEMANTAUAN TPS LIMBAH B3 HOTEL ASTON

MADIUN – Sesuai dari tugas pokok dan fungsi dari Dinas Lingkungan Hidup sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menyelenggarakan urusan bidang Lingkungan Hidup, maka dilaksanakan kegiatan Pemantauan dan Pengelolaan Limbah B3 di Hotel Aston Jl. Mayjen Sungkono pada tanggal 26 Maret 2019.

Pelaksanaan kegiatan ini dilatarbelakangi adanya penggunaan bahan berbahaya dan beracun (B3) pada berbagai kegiatan perindustrian, pertambangan, kesehatan, rumah tangga dan kegiatan lainnyasehingga diperlukan upaya pengendalian pencemaran lingkungan yang mungkin timbul diakibatkan oleh penggunaan bahan berbahaya dan beracun (B3) tersebut.

Kegiatan ini merupakan suatu upaya yang meliputi pemantauan, pnataan persyaratan ketentuan teknis dan administratif oleh penghasil, pengumpul, penganggkut, pengolah dan penimbun limbah B3.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan pemantauan dan pengelolaanlimbah B3 yaitu :

  1. Menginventarisasi jenis usaha/kegiatan yang menghasilkan limbah B3
  2. Menginventarisasi jenis limbah B3 yang dihasilkan oleh pelaku usaha/kegiatan.
  3. Mencegah dan menanggulangi pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh limbah B3 melalui pemantauan dan pengelolaan terhadap pelaku usaha/kegiatan yang menghasilkan limbah B3.
  4. Memantau secara berkala kondisi kerusakan lingkungan yang disebabkan ileh pengelolaan limbah B3 yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.